Lomba Blog Teknologi

"Sobat Kreator", Ini Dia 5 Mode Penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang Fleksibel Untukmu

Maret 30, 2024
0 Komentar
Beranda
Lomba Blog
Teknologi
"Sobat Kreator", Ini Dia 5 Mode Penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang Fleksibel Untukmu

Sobat Kreator
Buat saya, ini bentuk sempurna sebuah laptop dual screen, ya.
—David GadgedIn
Apakah saat ini kamu iseng melihat tulisan ini? 

Atau, jangan-jangan kamu konten kreator atau Sobat Kreator

Siapa tahu Sobat Kreator atau siapa pun yang membaca tulisan ini hingga habis dapat membuka pintu, mendapati ide tentang gimana mendapatkan kenyamanan baru menggunakan laptop. 

Menari

Berbicara mengenai ide, sepertinya ketika orang menulis tentang brand di blog pribadi, ada yang punya ide menumpahkan cerita pengalaman dirinya atau orang lain pada tulisan, ataupun ide untuk memakai visual indah pada tulisan. 

Dan tulisan ini yang ditulis di blog pribadi AnomSutha32 enggak panjang, enggak ada cerita pengalaman diri sendiri, dan enggak ada visual yang sangat indah, tapi memperkenalkan brand melalui satu perumpamaan, yaitu tentang menari.

Kenapa menari? Teruslah membaca.

Apakah kamu Sobat Kreator yang suka nonton dance KPOP? 

Seperti yang kamu tahu, orang yang bisa dance gerakannya fleksibel, ya. Maksudnya gerakan mereka enggak kaku. Dan 5 mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406) juga fleksibel, karena sama-sama fleksibel, maka sekalian aja satu perumpamaan yang dipakai untuk tulisan ini adalah: menari.

Kelima mode penggunaannya layaknya gerakan penari yang luwes.

Setiap mode penggunaannya adalah sebuah "gerakan" yang fleksibel. 

"Wah, kok saya jadi penasaran sama 5 mode penggunaannya, ya"

Jadi, kamu penasaran dengan 5 mode pengunaannya? Tapi sebelum itu, saat ini kamu bisa menyimak terlebih dahulu gimana perjalanan dari ...

... Zenbook DUO (UX8406).

Laptop Revolusioner


Sumber Gambar: www.asus.com/id/
Perjalanan Zenbook DUO (UX8406) dimulai ketika tim desain ASUS melihat gimana orang-orang bekerja dengan laptopnya. Seringkali mereka menggunakan monitor tambahan untuk memperluas ruang kerjanya. Masalah muncul ketika laptop harus digunakan di luar kantor sehingga memaksa mereka untuk kembali bekerja dengan satu layar.

Apa solusi yang dihadirkan oleh tim desain ASUS?

Sebentar, sebelum mengetahui solusi yang dihadirkan oleh tim desain ASUS, ketahuilah satu manfaat jika kamu memakai laptop yang udah memiliki dua layar:

"Produktivitas Lebih Tinggi. Dengan layar tambahan, Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus beralih antara jendela, meningkatkan produktivitas Anda." (Dikutip dari www.teknoreview.net

Dalam tulisan tersebut teknoreview juga menulis:

"Laptop dua layar tampaknya semakin populer di pasar komputer saat ini. Pasalnya, mereka menawarkan pengalaman komputasi yang unik dan menarik dengan layar tambahan yang terintegrasi." 

Itu dia satu manfaat jika memakai laptop yang udah memiliki dua layar. 

Lalu, lanjut mengenai solusi yang dihadirkan tim desain ASUS adalah memperkenalkan laptop prototipe dengan dua layar pada tahun 2018 bernama Project Precog.

"Project Precog? Hmmm" Ya, Project Precog merupakan konsep awal Zenbook DUO (UX8406) yang dipamerkan di Computex 2018.

Sobat Kreator, Project Precog tetap menjadi laptop konsep pada saat itu karena ekosistem hardware, software, serta sistem operasi belum bisa memaksimalkan penggunaan layar ganda di laptop.

ASUS kemudian mengembangkan sistem layar ganda di laptop bersama dengan software dan eksositem lainnya di ZenBook Pro 15 (UX580) lewat ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) lewat layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Selama enam tahun, ASUS terus menyempurnakan hardware dan software untuk memudahkan interaksi pengguna laptop layar ganda sekaligus. Itulah mengapa Zenbook DUO (UX8406) dapat tampil sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia, karena laptop tersebut enggak hanya revolusioner, tapi juga telah melewati proses pengembangan secara konsisten selama bertahun-tahun. 

Jadi, bisa dibilang perjalanan Zenbook DUO (UX8406) seolah seperti gerakan tarian yang diakhiri dengan gerak yang indah.

Sebelum Kamu Mengetahui 5 Mode Penggunaan, Boleh Memikirkan 2 Hal Ini Dulu


Nah Sobat Kreator, tadi kamu udah mengetahui perjalanan Zenbook DUO (UX8406), dan sekarang, kamu bisa membayangkan 2 hal ini melalui kiasan 2 orang yang menari. 1 orang melambangkan poin #1, dan satunya lagi melambangkan poin #2.

Terserah gimana kamu membayangkannya. 

Kenapa membayangkan dengan kiasan? Karena supaya menarik, sih, dan dibayangkan dengan bebas supaya sesuai dengan keinginan sendiri. Tapi kalau kamu enggak mau membayangkannya enggak apa-apa.

#1. Fitur Copilot

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitasmu dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan, walaupun untuk jawaban yang diberikan oleh Copilot sepertinya perlu diverifikasi.


#2. Office Pre-Installed

Sobat Kreator, selain Copilot, ASUS Zenbook DUO (UX8406) udah dilengkapi Office Pre-Installed, agar kamu bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC udah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan


Setelah mengetahui 2 hal tadi, sebentar lagi kamu akan mengetahui 5 mode penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406), penasaran? 

Sobat Kreator tahu nggak? Bahwa seluruh laptop ASUS memiliki desain yang berfokus pada pengguna, enggak terkecuali Zenbook DUO (UX8406).

Secara desain, Zenbook DUO (UX8406) udah sangat berbeda dari laptop pada yang ada di pasar saat ini. Laptop ini dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel.

Bayangin Sobat Kreator, fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini di semua mode penggunaannya. 

Dan berikut adalah lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406), kamu boleh membayangkannya sebagai 5 orang yang menari, udah siap untuk mengetahuinya?

  • Dual-Screen Mode: Inilah mode penggunaan yang paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Penggunanya kemudian mengontrol Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.
Sumber Gambar: www.jagatreview.com
 
Sumber Gambar: www.jagatreview.com
  • Desktop Mode: Didesain untuk pengguna yang suka dengan layar vertikal, Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk seknario penggunaan seperti: menulis artikel, browsing, dan coding.
Sumber Gambar: www.jagatreview.com
  • Laptop Mode:  Laptop mode membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop clamshell pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

Sumber Gambar: www.jagatreview.com
  • Laptop Mode with Virtual Keyboard: ASUS menghadirkan solusi bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang enggak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, kamu dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.
Sumber Gambar: www.jagatreview.com
  • Sharing Mode: Mode paling unik di Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan kamu untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).
Sumber Gambar: www.jagatreview.com

Itu dia 5 mode penggunaannya yang fleksibel untuk Sobat Kreator atau siapa pun kamu yang ingin memakai ASUS Zenbook DUO (UX8406). Tapi, gimana dengan spesifikasinya?
"Hmmm, spesifikasi, ya" Mungkin kamu mikir gitu.

Spesifikasi ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Untuk siapa pun yang membaca tulisan ini, saya bertanya ...

... setelah 5 mode penggunaan, setuju gak kalau saya melengkapi tulisan ini dengan spesifikasi ASUS Zenbook DUO (UX8406) sebagai pelengkap "tarian kata-kata dari tulisan ini"? 

"Setuju aja deh"

Karena setuju, maka setelah spesifikasi ini, ada BONUS, yaitu cuplikan tarian kata-kata dari Youtuber yang mungkin kamu sukai, penasaran?

Main Spec. Zenbook DUO (UX8406MA)
CPU Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU
Operating System Operating System
Memory 16GB LPDDR5X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support
Graphics Intel® Arc™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension  31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm
Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)
Price Rp33.999.000
Warranty 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Bonus: Cuplikan dari Tarian Kata-Kata

[youtube id="nlCx5XZ77ac"/]

Lihatlah wajah Bang David ini. Kira-kira dia ngomongin apa pada video di atas, ya? Kamu bener, dia ngomongin ASUS Zenbook DUO (UX8406). 

Inti tulisan ini tentang 5 mode penggunaan ASUS Zenbook DUO (UX8406), tapi ada bonus berupa 3 cuplikan kata-kata Bang David GadgetIn dari video di atas:
  • Buat saya, ini bentuk sempurna sebuah laptop(Zenbook DUO (UX8406)) dual screen, ya.(Menit: 1:50).
  • Pokoknya, buat Anda yang pake banyak tab atau window pas pake komputer, ini killer, sih.(Menit: 5:46).
  • Kesimpulan buat Zenbook DUO (UX8406), udah kerasa lah ya dari isi video ini, saya udah entah berapa kali bilang kalau saya suka banget sama ni laptop(Menit: 11:24)

Menari Dengan Lebih Nyaman


Saat ini, entah kamu tahu atau enggak siapa David GadgetIn, bayangkanlah kalau Bang David bertanya begini: Karena kamu udah tahu Zenbook DUO (UX8406), apakah menurutmu kamu akan nyaman menggunakannya? 

Referensi:

Press Release ASUS Zenbook DUO (UX8406) dalam Bentuk Dokumen Word(Materi Lomba) 

Tidak ada komentar